Istilah Break In pada Audio Mobil

08 Jun 2021, 16:08:40 WIB By Nabila Daeng In Articles | View : 2753

29Break In - In Car - Small.jpg

Break in adalah proses penyesuaian perangkat agar mencapai kinerja optimal. Begitu pula dalam audio mobil, istilah break in atau run in disematkan ketika memasang seluruh perangkat audio mobil, agar hasil audio lebih maksimal.. Tahap memaksimalkan kemampuan komponen audio inilah, disebut dengan break in. Rasa penasaran Anda tentang break in, Media Audio jawab dalam ulasan, berikut:

  • Apakah perlu melakukan break in terhadap sound system baru?

Tentu saja diperlukan, agar komponen bisa bekerja maksimal dan mengeluarkan karakter asli komponen audio itu sendiri.

  • Cara mengetahui komponen audio sudah break in atau belum?

Cara mengetahui komponen audio mobil sudah break in atau belum adalah dari perubahan suara. Jika sebelum break in suara bass, treble dan mid terasa kasar dan suaranya kurang keluar. Setelah break in, akan terjadi perubahan, seperti  suara bass, treble, mid terasa lebih halus dan karakter suara lebih keluar. 

  • Apa yang dilakukan setelah break in?

Tentu memerlukan tuning ulang agar settingan suara lebih enak.

  • Bagaimana cara break in audio mobil baru?

Waktu yang diperlukan untuk break in kurang lebih adalah 100 jam, di mana komponen audio Anda akan menyesuaikan karakter lagu yang anda dengar di mobil. Dan jika anda menghabiskan waktu setiap harinya 2-3 jam sehari, maka waktu yang diperlukan untuk komponen audio anda break in adalah kurang lebih 2 bulan untuk mencapai karakter audio optimal

  • Komponen audio apa saja yang perlu dilakukan break in?

Komponen tersebut meliputi speaker set terdiri dari tweeter, midrange, fullrange, midbass, power amplifier, kabel speaker, kabel power, kabel rca, head unit, dan subwoofer.

Kesimpulannya adalah ketika kita baru upgrade audio mobil dan merasa suara yang dihasilkan kurang maksimal, itu bukan berarti speaker set dan subwoofer yang Anda beli itu jelek, tapi karena komponen tersebut masih harus menjalani proses break in untuk mencapai kinerja optimal. 

Jadi, sudah ada pencerahan kan Audiolovers, tentang break in?



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook