Hyundai Santa Fe Racikan Begja Autotronics Juaranya Sound Quality

17 Sep 2019, 16:05:26 WIB By Leonardo Suksmaditya In National | View : 225

Hyundai Santa Fe Racikan Begja Autotronics Juaranya Sound Quality

Mediaaudio.id - Pada kontes IASCA Session 4 Tangerang, akhir Agustus lalu, ada sebuah mobil yang menarik perhatian. Sebuah mobil Hyundai Santa Fe garapan Begja Autotronics berhasil Juara 1 di kelas SQC Budget Expert 12K, mengalahkan beberapa mobil dari workshop ternama.

Mencapai kelas 12K atau jika dikonversikan sekitar Rp 169 jutaan, spesifikasi komponen apa saja yang digunakan Hyundai Santa Fe miliki Heidar? Bertandang ke Begja Autotronics bertemu sang tunner, Mas Yanto, tim Mediaaudio.id ingin mengulik rahasia dari mobil tersebut.

Peredaman

Tentu saja sebelum memasang komponen audio, tim Begja melakukan pemasangan peredam guna menambah kekedapan kabin meningkatkan akustiknya. Mas Yanto memilih produk peredam Noise Kill untuk keseluruhan interior Santa Fe, mulai dari lantai, plafon, dashboard, hingga seluruh pintu.

“Untuk mencegah pantulan suara yang tidak diinginkan, kita pasang peredam di semua sisi mobil, terutama untuk getaran mid bass.” Ujar Mas Yanto.

Instalasi

Mengejar sound quality, Mas Yanto pertama memilih head unit single DIN Sony Hires RSX-GS9 yang memiliki kemampuan untuk memutar file resolusi tinggi DSD (5.6MHz/1bit, 2.8MHz/1bit). Dilanjutkan dengan memilih otak dari pengaturan audio yaitu prosesor, Mas Yanto menyerahkan pada ARC Audio PS8.

Dua buah amplifier ARC Audio SE Series dipilih untuk mentenagai sistem 3 Way Scanspeak Gold Series, dan sebuah subwoofer berukuran 11” Scanspeak 28W. Untuk desain sendiri, tim Begja menerapkan jenis flat sehingga bagasi tetap dapat digunakan, namun dengan tambahan boks subwoofer 1 kubik di sudut.

“Berbicara desain dan penempatan, kita tidak ingin mengganggu fungsi bagasi, tapi untuk subwoofer kita tetap ingin suaranya maksimal jadi kita tempatkan di pojok.” Tambah kapten Begja Autotronics.

Proses tuning rahasia ala Mas Yanto Begja Electronics menutup modifikasi Hyundai Santa Fe dengan manis. Alhasil, tak hanya kelas Expert 12K, Hyundai Santa Fe Heidar juga menyabet juara 1 kelas SQC Pro.

 

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook