Intip Setup Audio All New Livina Surround 12.1 Garapan Cartens Autosound

29 Agu 2019, 09:55:19 WIB By Leonardo Suksmaditya In Modification | View : 430

Intip Setup Audio All New Livina Surround 12.1 Garapan Cartens Autosound

Mediaaudio.id - Sebagai penggemar audio mobil tentu kita sudah akrab dengan sistem 2 way maupun 3 way. Sistem yang dilengkapi dengan unit subwoofer guna menghasilkan frekuensi rendah ini biasanya memiliki fokus audio maksimal di titik tertentu saja sesuai pengaturan dengan imaging panggung di dashboard depan. Lalu bagaimana jika kita ingin menikmati pengalaman audio menyeluruh seperti layaknya di home theater?

Caranya adalah menerapkan sistem audio yang sama dalam mobil seperti di home theater yaitu surround, tapi bagaimana prosesnya? Tim Mediaaudio memutuskan langsung meluncur ke Cartens Audio menemui Eddie Soesanto yang sudah sangat berpengalaman membangun sistem surround di mobil.

Kebetulan sekali, Cartens baru saja menyelesaikan penggarapan Nissan All New Livina dengan sistem surround 12.1. Terlihat dari angkanya, terdapat 12 speaker dalam setup ini dilengkapi dengan satu buah subwoofer. “Pemasangannya tidak sulit, tapi memang butuh perhitungan, karena penempatan setiap mobil berbeda-beda demi menghasilkan efek surround yang menyeluruh.” Ungkap Eddie.

Di bagian depan Eddie menempatkan sepasang setup 3 way gabungan 2 way Focal Elite Utopia 165 W-XP persis di pilar A dan midrange Focal 4W72 di pintu bawah.

Sedangkan untuk bagian belakang diinstal sepasang 2 way Focal Utopia Beryllium 165 W-RC di pilar D dan midrange 3 inci Focal Utopia Beryllium 3W2 di pintu penumpang tengah.

Terakhir, subwoofer Flux Nex 10.4 terpasang di bagasi belakang sebelah kiri dengan sudut kemiringan dan volume enclosure custom yang tidak hanya maksimal tapi juga efisien tempat. Semua driver ini ditenagai oleh tiga buah amplifier kelas A/B Ground Zero Uranium GZUA 4.150SQ-Plus.

Untuk pengaturan mendalam Eddie mengatur semuanya melalui prosesor Audison Bit One HD 13 channel. “Nah, salah satu yang paling penting dalam membangun sistem surround adalah prosesor yang mendukung hingga sejumlah channel yang dibutuhkan.”

Tapi semuanya juga percuma jika tidak didukung dengan alat penyalur konten, yaitu headunit yang memiliki spesifikasi tinggi. Eddie dalam membangun Livina ini memilih Alpine ILX-702D dipadu dengan DVD Player Alpine DVE-5300.

Going all out, sang pemilik tak ragu memasrahkan mobil yang merupakan mobil keempat yang digarap Cartens Autosound. Setup audio surround 12.1 juga semakin dimantapkan peredam Silent Coat menyeluruh dan kabel instalasi driver Harmony Harmonics.

Eddie menambahkan “Setup ini sesungguhnya adalah setup all around di mana ia tidak hanya mampu menghadirkan ambience surround, tapi juga staging dan imaging 2 way dan 3 way dengan pengaturan lewat DSP.”  “Tinggal switch preset-nya aja, semua ganti.” Tutupnya.

 

   



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook