Sistem Audio Mobil Surround ala Eddie Cartens Autosound

22 Agu 2019, 13:38:34 WIB By Leonardo Suksmaditya In Articles | View : 376

Sistem Audio Mobil Surround ala Eddie Cartens Autosound

Mediaaudio.id - Hiburan dalam mobil bukan lagi jadi hal yang istimewa saat ini. Tak hanya digerakkan oleh pehobi saja, kini car entertainment khususnya car audio juga diminati hampir semua kalangan. Sensasi hiburan lengkap dalam mobil tak bisa dipungkiri sedikit banyak memperbaiki mood kita dalam berkendara maupun saat sampai di tujuan.

Sistem car audio pada umumnya memang driver oriented entah itu 2 way atau 3 way, dimana pengalaman maksimal tidak dapat dirasakan oleh semua baris dalam mobil. Ditemui saat menyambangi workshop-nya, Eddie Soesanto, punggawa Cartens Audio menyampaikan “ada banyak cara menikmati audio dalam mobil, semua tergantung kebutuhan. Sistem yang umum seperti 2 way atau 3 way biasa fokus pada posisi driver atau front row dengan staging yang maksimal, tidak semua baris dapat menikmati pengalaman yang sama.”

Nah bagi pengendara mobil yang ingin pengalaman audio lebih menyeluruh dan bisa dinikmati seluruh penumpang, mungkin sistem audio mobil surround adalah pilihan yang cocok. “Sistem audio mobil surround menganut all seat customization, di sini fokus tidak hanya pada satu titik saja tapi pada semua kursi penumpang.” Lanjut Eddie.

Penerapan sistem surround sebenernya tidak rumit, hanya saja kita harus siap dengan minimum requirements. Karena speaker yang digunakan pada sistem ini berjumlah lebih banyak, kita tentunya butuh amplifier tambahan juga sesuai dengan jumlah speaker, idealnya cukup dua sampai tiga amplifier.

DSP juga merupakan komponen yang tidak boleh ketinggalan dalam setup surround guna mengatur lalu lintas sinyal audio. “tak kalah penting adalah dukungan prosesor yang lengkap dengan jumlah channel yang sesuai dengan driver yang hendak di pasang.” Tambahnya. 

“Dengan DSP yang baik kita bisa atur setiap driver untuk full aktif semua speaker, time delay bisa kita adjust untuk setiap penumpang.” Tutup Eddie yang kerap membangun sistem audio mobil surround 12.1.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook