Sistem Audio Four Way di Porsche Macan By Mega Audio: Satu Line Up Produk Paling Selaras
Tiga Tahun Penantian yang Tidak Mengecewakan

22 Des 2022, 16:19:45 WIB By Nabila Daeng In National | View : 179

82MAI Porsche Macan - Copy.jpg

Tiga tahun lalu saat Media Audio jumpa pada pandangan pertama si Porsche Macan saat kontes audio, rasa penasaran dengan hasil audio dari mobil tersebut tak bisa terelakkan. Hingga akhirnya, menjelang akhir tahun 2022, kami berhasil untuk merasakan sendiri bagaimana sistem audio yang diramu oleh Mega Audio pada mobil jagoannya, Porsche Macan. Tiga tahun berjalan saat pertemuan kami, sudah pasti banyak sekali upgrade dari sistem audio mobil ini. Ko Johny, sapaan akrab owner Mega Audio pun membenarkan, bahwa awalnya ia merakit sistem audio pada Porsche Macan ini dengan OEM Look simple.

Mega Audio memang dikenal piawai dalam memodifikasi audio dengan konsep Sound Quality (SQ). Ratusan piala sudah berjejer menghiasi pelataran workshop Mega Audio yang berlokasi di Ruko Green Garden, Jakarta Barat. Kita balik lagi ke Porsche Macan, dari body, memang tidak ada yang mencolok, tetapi nuansa hitam membuatnya menjadi lebih gagah. Kosmetik audio di bagian belakang justru yang lebih menggoda dan tampil memesona. Bagaimana hasil suara dan sistem audio mobil apa yang dibangun? Berikut ulasan dari Media Audio.

Mengusung konsep four way, Mega Audio mengandalkan satu buah subwoofer 10 inch Focal Utopia untuk menaikkan dB, hal ini tentu matching dengan speaker depan yang diisi dengan Focal Utopia M. Source pemutar suara pada Macan ini menggunakan DAP Astel and Kern SP3000, dari segi ukuran memang terbilang mini. Tapi urusan melumat file beresolusi tinggi, DAP ini sudah tidak ada yang bisa menandingi. Menghasilkan audio yang bertenaga pada mobil mewah, terbilang cukup rumit karena memiliki sistem yang kompleks, maka dari itu, untuk menaikkan 12 volt ke 220 volt ia menggunakan inverter. Konsep audio mobil Four Way ini mengandalkan satu buah subwoofer 10 inch Focal Utopia untuk mengangkat suara.

      

Piranti audio yang dipilih tentu bukan main-main, Mega Audio ingin menjaga sinergitas konsep yang ia usung. Terbukti satu line up produk Focal pada produk Super Tweeter, Midbass, Midrange, tersematkan di mobil Macan ini. “Jadi suara high sampai low nya benar-benar bisa menyatu,” ujar Johny Chandra. Saat melihat kosmetik pada bagian belakang, sudah tidak diragukan lagi jika Ko Johny memang ahlinya untuk mendesain audio yang rapi dan bersih.

 

Pada pilar tweeter Focal Utopia TBM, dibungkus housing aluminium berbentuk bakpau. Bukan tanpa alasan, ia ingin membuat volume midrange nya lebih besar dan ideal. Pada midbass, Ko Johny mengerjakan dua kali proses, awalnya ia mencetak dari kayu, setelahnya baru ditimpa aluminium untuk mangkok midbassnya agar lebih rigid. Posisinya dekat dudukan pintu, tapi tidak perlu khawatir rusak karena ketendang, karena grill yang terpasang pada midbass sangat kuat.

         

Pada bagian depan kabin, terdapat treatment khusus pada mobil ini, Ko Johny menambahkannya di beberapa titik seperti di depan kaca kiri dan kanan, juga Harmonizer di bagian tengah dashboard untuk menyeimbangkan audio yang lebih selaras.

Tiga Power Mosconi juga diaplikasikan di Macan ini untuk menyuplai daya. Tiga power tersebut yakni Mosconi A Class 3 pcs, Power Mosconi Zero 4, dan Mosconi Zero 3 terpasang sangat rapi dan apik di bagian bagasi belakang. Masing-masing memiliki tugas untuk mengangkat audio lebih mekar dan tajam. Digital Signal Processor Brax juga membuat hasil audio ini lebih dynamite.

Saat kami mendengar langsung hasil audio ini, memang tidak heran jika Mega Audio menjadikan Porsche Macan andalannya saat tempur di medan perang. Langganan bawa pulang piala saat kontes audio, sudah bisa kami percaya. APPROVED!

Kalau kamu juga ingin merasakan audio Porsche Macan racikan Mega Audio, silakan kunjungi Youtube Media Audio untuk melihat review lengkapnya.

Treatment by: Mega Audio

- Tweeter Focal Ultima

- MR & MB Focal Utopia M

- Super tw Focal Utopia TBM

- Surround Focal Utopia 3.5WM

- sub Focal Utopia 10wm

- DSP Brax

- DAC Chord Dave

- Chord M Scaller

- DAP AK SP3000

- Power Mosconi A Class 3pcs

- Power Mosconi Zero 4

- Power Mosconi Zero 3

- Kabel RCA Tchernov Reference

- Fuse EON Labs

 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook