Mobil Honda Odyssey karya Dynamics Autosound: Satu-satunya di Dunia dengan Sistem Streaming ROON

15 Mei 2023, 12:26:31 WIB By Dea Najma In National | View : 1766


Kali ini Tim Media Audio berkesempatan untuk mereview hasil audio garapan Dynamics Autosound, sekaligus membahas perangkat apa saja yang terpasang pada mobil Honda Odyssey RB3 tahun 2011 ini. Sekedar informasi, bahwa sebelumnya mobil ini telah ketiga kalinya di rombak dan seringkali menjuarai ajang kompetisi audio mobil. Kali ini, Suryadi berkeinginan untuk mengekspos mobil Honda Odyssey yang telah di upgrade dengan memamerkan keunggulan-keunggulan dari hasil audio berkelas buatan tangan Dynamics Autosound.

Mobil Honda Odyssey dengan tampilan yang eksklusif ini menggunakan berbagai macam perangkat audio yang terbilang luar biasa jika dilihat dari segi estetika, kegunaan, maupun harga. Bagaimana tidak, salah satunya adalah penggunaan tweeter yang setara dengan satu karat diamond, di mana diamond ini di poles hingga tipis, bukan tanpa alasan, tujuannya agar memiliki bobot yang ringan namun tetap rigid dengan dipasang dua buah tweeter senilai 450 juta rupiah.

“Pasti pada bingung kan apa sih yang menarik dari mobil odyssey RB3? Mobil ini menggunakan system 3-Way dari Accuton, lalu super tweeter premium yang terbuat dari bahan diamond dan dapat dikatakan menjadi tweeter termahal saat ini,” ujar owner Dynamics Autosound, Suryadi.

Alasan sang pemilik Mobil yakni Hanata dalam memilih speaker, tweeter, bahkan subwoofer dari Accuton yang merupakan produk handmade dari Jerman adalah bukan tanpa sebab, Hanata menginginkan hasil audio yang detail dan tekstur suara yang belum pernah ia jumpai di brand audio manapun. “Saat audionya kita play, lalu pemain gitar tahu nih kapan gitar itu harus dipetik, kapan ia harus pakai kuku, kapan harus di bending, seperti ketika kita mendengarkan live music, di mana suara gitar dan bass itu seperti nyata atau real. So overall kedengaran semua dan teksturnya mantap banget,” jelas Hanata pada Media Audio.

 

        

 

Banyak yang dapat di highlight pada Mobil Honda Odyssey ini, yang paling menarik adalah adanya PC, router, modem serta subwoofer Accuton 10 inch dengan teknologi aluminium sandwich yang dipasang di tempat konsol tengah, Dynamics mengatakan baru pertama kali melihat mobil khusus car audio yang menggunakan water cooling untuk menetralisir suhu dari perangkat audio yang terpasang di dalam mobil, selain itu yang membuatnya unik adalah menggunakan sistem streaming ROON dari home audio yang merupakan mobil pertama di dunia yang dapat diaplikasikan sistem Roon ke dalam sebuah mobil, dan salah satu fitur utama Roon adalah kemampuannya untuk menyajikan informasi dan metadata yang lebih kaya tentang musik yang sedang diputar, termasuk informasi tentang artis, album, dan lagu, serta ulasan dan catatan produksi.

Ketika melihat bagian dalam mobil Odyssey ini, Audiolovers akan terpana melihat betapa rapinya garapan Dynamics Autosound dalam menciptakan sebuah audio berkelas, tak hanya dirombak dari segi perangkat lunak saja, namun mobil ini diganti secara keseluruhan mulai dari sistem audio, perkabelan, power, dan penambahan aksesoris mobil seperti head unit maupun peredam.

 

 

Sistem Audio

Dimulai dengan Instalasi sistem 3-Way dari produk handmade asal Jerman yaitu Accuton Automotive Audio, midbass yang terbuat dari bahan ceramic berukuran 6,5 inch ini diletakkan pada special box berbahan plywood karena sangat ringan, padat, tidak gampang rapuh, dan tentunya akan berdampak pada suara yang dihasilkan. “Setelah saya pelajari, bahan plywood ini memiliki ketahanan bak kayu jati, tetapi plywood ini lebih kuat, kalau kayu jati masih bisa memuai,” imbuh Suryadi.

Sama-sama dari merk Accuton, midrange yang terpasang juga terbuat dari bahan ceramic dengan housing midrange berukuran 3,5 inch yang terbuat dari material kayu mahoni. “Kayu yang digunakan telah berusia puluhan tahun, ketika midrangenya bekerja, housingnya ini tidak bergetar dan tetap padat,” tambahnya.

Lanjut ke tweeter yang harganya bikin merinding disko. Yap masih sama dari merk Accuton, tweeter yang memiliki ukuran 1,2 inch ini berbahan diamond yang dibungkus oleh material kuningan, dan merupakan aset terbaik untuk sebuah housing tweeter agar lebih rigid serta mampu mengurangi getaran berlebih.

 

Tak seperti mobil modifikasi pada umumnya, subwoofer pada mobil Honda Odyssey ini mengusung tema invisible alias tak terlihat oleh mata telanjang. Keberadaan tiga buah subwoofer, satu berukuran 8 inch yang terletak di bagian konsol tengah, terbuat dari material plywood di mana kayu ini sangat jarang dijual, Dynamics mengatakan untuk mendapatkan material ini harus order langsung ke pabriknya, diatas box subwoofer depan ini diletakkan juga controller dan fungsi daripada air suspension. Dua buah subwoofer berukuran 12 inch dari Crescendo EVO 712 diletakkan di bagian belakang bersebelahan dengan Processor Alpine UTX A09. Box subwoofer ini dibuat benar-benar sealed dan menggunakan terminal gold plated agar kabel yang terpasang tidak mudah lepas.

 

Perangkat Audio yang Terpasang

Pada mobil putih classic ini terdapat empat buah power amplifier di antaranya memakai tiga unit dari Ground Zero Plutonium dan satu unit dari Ground Zero Reference, lalu untuk Processor menggunakan Resolut T-DSP MK2. Untuk pembuatan mounting power, pada bagian dudukan power kami beri bahan kuningan dengan ketebalan 3 mm, fungsinya agar sisi power tidak mudah bergetar karena akan mempengaruhi hasil suara.

Berbelot ke dunia perkabelan, pemilik mobil Honda Odyssey RB3 mempercayakan perihal kabel kepada Harmonic Harmony dan Tchernov Cable. “Effect dari pemasangan kabel Harmonic Harmony dan Tchernov Cable adalah hasil suara yang berbobot serta berkarakter, lalu untuk instalasi kami beri perekat dan menggunakan insulock agar aman dan tidak mudah bergeser,” ujar sang installer mobil Honda Odyssey tersebut.

 

Aksesoris Pelengkap

Aksesoris yang terpasang pada Honda Odyssey, mulai dari penggunaan beberapa lapis peredam. Seperti Ground Zero Gold 0.3 mm pada lapisan pertama, lalu Silent Coat di lapisan kedua yang dikombinasikan antara ketebalan 2 & 5 mm, dan yang terakhir menggunakan diffuser Crescendo guna mengecek frekuensi yang biasa ditimbulkan dari suara midbass, selain itu dapat membuat pintu semakin kedap. Pada bagian box juga dipasang peredam Silent Coat dengan ketebalan 10 mm agar lebih solid dan lebih berisi, dengan adanya tambahan diffuser Crescendo sebagai akustik treatment.

Tak lupa juga, head unit android sebagai display produk, Alpine ILX 2611E dengan layar 11 inch yang super mewah dan canggih, kemudian penambahan Apple Watch sebagai wadah tracking di bagian stir, kemudian adanya pengaturan volume dan tombol on off yang terletak di paddle shift.

 

Awarding

1. Ditujukkan sebagai mobil kompetisi, mobil ini pernah mengikuti ajang bergengsi yakni EMMA (European Multi Media Association) di kategori ‘Pure Sound’, pada kompetisi ini Dynamics berusaha memenuhi syarat untuk mendapatkan ergonomik untuk satu poin tambahan.

2. National Champion IASCA x MSF x SQC

 

Budget

Budget yang disiapkan Hanata dalam membangun sebuah mobil impiannya ini, dibanderol dari harga 2,5M untuk satu kali treatment.

 

Alamat Pemasangan

Mau mobil kamu jadi semewah dan secanggih mobil Honda Odyssey RB3 ini? Tunggu apalagi, yuk segera hubungi Dynamics Autosound di :

  • Phone : +62 816-1904-588 (Suryadi)

  • Instagram : @dynamics_autosound

  • Address : Blok A, Jl. Griya Utama, RT.2/RW.5, Sunter Agung, Kec. Tj. Priok, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

Youtube : Dynamics Autosound

 



Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook