- Pengaruh Kualitas Audio Mobil terhadap Konsentrasi dan Kenyamanan Berkendara
- Tips & Trik Meningkatkan Kualitas Audio Mobil untuk Pengalaman Mendengarkan yang Lebih Maksimal
- Tips Merawat Audio Mobil Agar Tetap Jernih dan Awet
- Peredam Pintu Mobil Terbaik untuk Berkendara Lebih Senyap & Nyaman
- Head Unit Terbaik untuk Audio Mobil: Pilihan Teratas untuk Suara Jernih dan Fitur Canggih
- AION V: SUV Listrik Futuristik dengan Audio Premium
- Jaecoo J7SHS, dan J8: SUV Premium dengan Teknologi Modern dan Audio Berkualitas
- Mazda CX-5: SUV Premium dengan Sistem Audio Bose
- Denza D9: Audio High-End dari Dynaudio
- Geely EX5 di IIMS 2025: Audio Premium dalam Mobil Listrik Futuristik
Kabin Mobil Diesel Bising? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!
Ubah Suara Bising Jadi Senyap dengan Peredam CTK
Mobil diesel terkenal dengan suara yang lebih berisik dibandingkan mobil bensin. Hal ini seringkali, menimbulkan pertanyaan tentang penyebab di balik kebisingan tersebut.
Meskipun begitu, mesin diesel tetap digemari untuk kendaraan berat dan komersial karena beberapa keunggulannya. Keunggulan utama mesin diesel adalah efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dan torsi yang lebih besar.
Untungnya, peredam CTK hadir sebagai solusi untuk meredam kebisingan pada mobil diesel. Peredam jenis Sound Dampening Material seperti CTK Standard Pro dan Sound Thermal Insulation seperti CTK Elastic dapat menjadi pilihan tepat untuk meredam suara bising dan meningkatkan kenyamanan kabin.
CTK Standard Pro dengan ketebalan 2.0 mm dan ketebalan foil 100 micron mampu menyerap getaran frekuensi rendah. Sedangkan CTK Elastic dengan ketebalan 6 mm, ideal untuk bagian bawah lantai dan bodi mobil, menjadikannya salah satu material paling efisien untuk insulasi panas dan meredam suara.
Lantas, apa yang menyebabkan suara mobil diesel lebih berisik? Dilansir dari IDN Times, berikut beberapa faktornya:
1. Mekanisme Pembakaran Yang Berbeda
Mesin diesel bekerja dengan mengompresi udara hingga mencapai suhu tinggi, kemudian memicu pembakaran bahan bakar diesel. Kompresi pada mesin diesel jauh lebih tinggi (16-23:1) dibandingkan mesin bensin hanya (8-12:1).


Kompresi tinggi ini menghasilkan ledakan saat pembakaran, yang menjadi sumber utama suara dan getaran keras pada mesin diesel.
2. Sistem Injeksi Bahan Bakar
Penyemprotan bahan bakar pada mesin diesel terjadi pada tekanan yang sangat tinggi. Hal ini menghasilkan suara berisik, terutama pada mesin diesel konvensional.
Getaran keras yang dihasilkan mesin diesel juga merambat melalui struktur kendaraan, sehingga menghasilkan suara lebih keras. Namun, tersematkan teknologi common rail diesel injection dan turbocharger yang membantu mengurangi kebisingan tersebut.
3. Struktur Mesin Yang Kuat
Dirancang dengan komponen yang lebih kuat dan berat, mesin diesel mampu menangani tekanan tinggi dalam ruang bakar. Komponen seperti blok mesin, kepala silinder, piston yang lebih besar dan berat, dapat menghasilkan getaran dan kebisingan yang lebih kencang.


