- Rekomendasi Audio Mobil Terbaik untuk Kualitas Suara Maksimal
- Audio Mobil Terbaik: Pilihan Tepat untuk Suara Jernih di Setiap Perjalanan
- Bingung Pilih Audio Mobil untuk Avanza? Ini Panduan dan Tempat Pemasangan Terbaiknya
- Pilihan Audio Mobil Terbaik untuk Toyota Avanza dan Rekomendasi Tempat Pemasangan
- Audio Mobil Avanza: Jenis, Pilihan Upgrade, dan Tempat Rekomendasi Pasang
- Kenapa Audio Mobil Avanza Tidak Ada Suara? Ini 6 Penyebab Umumnya
- Audio Toyota Avanza Tiba-Tiba Tidak Ada Suara? Cek Ini Dulu Sebelum Panik!
- Mengatasi Masalah Audio Tidak Bersuara pada Toyota Avanza
- Audio Mobil Tidak Bersuara? Cek 6 Hal Ini Sebelum ke Bengkel
- Audio Mobil Tidak Mengeluarkan Suara? Ini 7 Langkah Pemeriksaannya
Penjabaran CD Positive Listening II
By. Kelvin Natali (Ice Audioworks)
MediaAudio (Pekanbaru) - Salam Audio 2016........ Perkenalkan nama saya KELVIN NATALI. Profesi saya sampai saat ini adalah Praktisi AUDIO di Car maupun di Home, dan pada kesempatan ini dipercaya oleh MEDIA AUDIO sebagai Head Judge di salah satu event Car Audio Competition yang diadakan oleh MEDIA AUDIO. Referensi CD yang digunakan adalah POSITIVE LISTENING II - ARC Audio yang di produksi oleh CHESKY Records.
Berikut penjelasan tentang CD tersebut pada saat proses penjurian :
Track 1. Ain't No Sun Shine*
Vocal wanita yang baik tepat berada di tengah-tengah, tampil proposional dengan suara yang nyaman pada nada suara direntang midrange. Bass Guitar berada dibagian kiri tengah dengan suara yang penuh dan kaya akan nada.
Yang harus diperhatikan pada track ini adalah:
- Posisi di center
- Focus
- Vocal
- Pada saat saya menjadi juri banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh peserta, hampir 95% posisi tidak di center, suara tidak fokus dan vocal penyanyi over bright. Track ini digunakan untuk menilai Position/Focus/Midrange Purity (kemurnian).
Track 5. Bring It On Home**
Artikulasi atau pengucapan yang sangat baik dari seorang vocalis wanita, mulutnya sangat bisa digambarkan ketika menyanyikan bait-bait lagu. Drum bersuara sangat renyah dan tepat dibelakang vocalis. Piano menempati bagian kiri dari panggung dan bersuara sangat fokus dan memainkan nada suara masing-masing. Terdapat dua buah gitar, satu di kiri dan satu kanan. Gitar di bagian kiri memiliki suara senar yang jelas dengan nada yang terpisah. Terdapat suara vocalis kedua yang berada dibagian kanan tengah. Terdapat suara terompet yang datang dari sisi kiri panggung dan berada tepat didepan piano dengan suara yang sangat menonjol.
Dengan kata lain yang harus diperhatikan pada track ini adalah:
-
- Posisi vocal di center, vocalis ke-2 berada di 'Right Center'
- Focus
- Ambience
- Spectral Balance dari tingkat kemerataan 4 range tonal accuracy; High, Mid, Low dan Sub Bass. Artinya sistem yang bagus, harus dapat memainkan semua tonal accuracy di atas secara linear atau sama kerasnya, sama kualitasnya dan merata. Atau dengan kata lain, sistem audio secara overall memproduksi warna suara yang mendekati aslinya.
Track 7. Dock Of The Bay*
Irama dari vocalis datang dari bagian kanan luar dan sangat jelas, lengkap dan kaya akan tekstur serta tonal atau nada suara. Vocal utama datang dari kiri tengah. Terdengar hentakan kaki dia saat memasuki menit 1:10. Hentakan tersebut disertai suara napasnya yang menambah kesan nyata dari penyanyi tersebut.
"Track ini digunakan untuk menilai Posisi dan Fokus pada Left Center & Far Right"
Track 10. No Quiero Verte
Track yang dipenuhi oleh suara perkusi yang bagus, dimainkan dengan tangan. Terdapat suara tepukan tangan dengan ritme yang cepat. Suara Vocal terdengar jauh sehingga terdengar kurang fokus. Terdapat suara gitar spanyol yang bersuara merdu dengan tonal yang baik berada pada sisi kanan panggung.
"Track ini digunakan untuk menilai tinggi panggung; antara lain perkusi, gitar dan tepuk tangan harus sama tinggi dan sejajar"
Track 11. Recife's Blue*
Track ini sangat kompleks atau rumit karena ada beberapa bagian sampai terasa menempati bagian luar dari panggung. Track yang memiliki ritme yang serba cepat, terompet terdengar dynamic dan berada dibagian kanan dari panggung, dan menjadi bagian utama pada track ini. Drum berada ditengah-tengah dan juga bersuara dynamic mengikuti irama musik. Piano berada dibagian belakang kiri dari panggung. Suara gitar yang baik datang dari bagian sisi kanan. terdengar suara bass gitar dari bagian tengah hanya saja tidak terlalu menonjol. Terdapat suara maracas yang terdengar nyaman memasuki bagian akhir dari track ini.
"Track ini digunakan untuk menilai kualitas high frequency dan dinamika pada suara terompet dan cymbal"
Track12. Stepping"
Track ini sangat bagus pada artikulasi untuk bass dan midbass. lagu yang disampaikan memiliki rhythm atau irama instrument yang sangat bagus yang berasal dari bagian sisi kiri dan kanan panggung. Drum mengeluarkan suara tonal yang baik. Ketika tongkat pemukul mengenai kulit dari instrument drum mengeluarkan suara hentakan yang menawan dengan suara yang beragam.
"Track ini digunakan untuk menilai kualitas low bass yang dihasilkan dari subwoofer, berikut posisi Far Left. Banyak peserta pada event perdana mediaaudio.id di bulan November 2015 mengalami masalah di lebar panggung 'FAR LEFT' dan REAR Bass!!... Ada juga yang mengakalinya dengan mengecilkan gain subwoofer agar terdengar samar-samar, tetapi justru menghilangkan artikulasi pada sektor low menjadi kurang baik dan juga tidak ada impact"
Track 14. Bass Resonance
Petikan bass yang baik dengan nada suara yang lengkap dan mempesona
"Track ini digunakan untuk menilai Kualitas bass pada midwoofer, pada event perdana mediaaudio lalu, banyak sekali problem pada Track ini, hampir seluruh Kontestan mempunyai problem di sektor midwoofer. Midwoofer terkesan tidak ada tenaga, menggaung dengan kontrol yang kurang baik"
Track16. Dynamic Test
"Track yang mampu dimainkan tanpa suara distorsi. Pada track ini sound linearity diartikan sebagai kemampuan sistem dalam memainkan musik dengan tonal accuracy dan spectral balance yang baik pada semua volume, baik pada saat kita mendengarkan musik dengan volume kecil, sedang hingga tinggi. Sistem yang kurang baik biasanya akan kehilangan banyak detail di volume rendah maupun tinggi. Atau juga pada volume tinggi, suara menjadi seperti menyakitkan telinga / Fatique.
Demikian Penjelasan Saya mengenai CD Positive Listening II - ARC audio untuk Penjelasan penjurian tiap track nya secara ringkas.
