Endurance Battle-Car Audio Tuning: Kompetisi Memperebutkan Piala Bamsoet’s Choice
Kolaborasi Kompetisi Lintas Brand Terbaik

11 Okt 2022, 17:47:04 WIB By Nabila Daeng In National | View : 601

18MediaAudioIndonesia_Endurance Battle-07.jpg

Jakarta, 11 Oktober 2022- SoundandMachine.com berkolaborasi dengan Pengepul Mobil mengadakan kompetisi car audio pertama di Indonesia dengan konsep endurance, bertajuk Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022. Rencananya, Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle akan diadakan beberapa seri. Seri pertama akan selenggarakan pada tanggal 18-19 Oktober 2022 di Black Stone Garage, Jl. Hang Jebat 1A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pada kompetisi perdana ini, Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle menantang para instalatur audio mobil kawakan di Jakarta, untuk melakukan instalasi audio mobil, serta tuning dengan merek dan jenis mobil yang sama, peranti audio dan material yang sama yang telah disediakan.

Konsep Acara Endurance Battle

Kompetisi akan berlangsung selama 2 (dua) hari, dimulai dari proses instalasi pada hari pertama, dilanjutkan proses tuning serta penilaian di hari kedua, pada lokasi pengerjaan yang sama dan dengan batas waktu yang telah ditentukan. “Konsep ini pertama kalinya diadakan di Indonesia, yaitu mengumpulkan enam car audio installer terbaik di Jakarta, untuk diadu skill-nya. Kami juga mengajak merek-merek ternama di bidang audio mobil untuk mendukung kompetisi ini,” jelas Jacki Suwandi, Founder Pengepul Mobil.

“Background dari acara ini adalah kami SoundandMachine.com dan Pengepul Mobil sama-sama ingin memajukan industri aftermarket otomotif. Khususnya di bidang audio mobil pasca pandemi ini, baik dari sisi kompetisi yang belum pernah diadakan sebelumnya, atau beda dari kompetisi reguler. Juga dari sisi aspek bisnisnya, supaya lebih menggiatkan industrinya. Dalam hal ini, kami ingin semua merek car audio dan merek pendukung yang terkait untuk maju bersama. Untuk itu, di kompetisi ini kami terapkan penggunaan peranti audio lintas merek,” jelas Eko Putranto, Editor in-Chief SoundandMachine.com.

   

Enam Installer Kawakan Jakarta Ikut Berkompetisi

Untuk seri pertama, 6 (enam) instalatur audio mobil terkemuka di Jakarta akan berkompetisi di Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, yaitu AJM Audioworks, BestBuddyShop, Begja Autotronics, Duta Audioworks, CAS Audio, dan Bronson Audio.

Ke-enam installer tersebut merupakan installer yang pernah menjuarai Champion of Champion. Keikutsertaan para installer tersebut adalah penilaian khusus dari acara Endurance Battle.

Regulasi CAN dan Menggunakan Mobil dari Followers Pengepul Mobil

Regulasi mengikuti Rules Books asosiasi CAN-I (Car Audio Network - Indonesia). Hanya saja, kepiawaian installer dalam pengerjaan box subwoofer akan menjadi penilaian yang berbeda pada asosiasi audio mobil lainnya.

Keenam instalatur peserta tersebut akan memodifikasi dan melakukan tuning audio mobil Toyota Kijang Innova ‘Reborn’ tipe G bermesin Diesel keluaran tahun 2017-2020, dengan kondisi yang sama yaitu kondisi standar. Keenam mobil ini merupakan milik dari para followers konten kreator otomotif Pengepul Mobil yang sebelumnya sudah melalui tahap verifikasi dan inspeksi.

“Mesin belum dioprek, peredam belum dipasang. Uang pendaftarannya Rp. 5 juta, buat bersih AC dan cuci mobil, ” ungkap Jacki Suwandi, Konten Kreator Otomotif Pengepul Mobil.

Selain mobil yang sama, keenam instalatur peserta tersebut juga harus melakukan upgrade audio dengan konsep instalasi yang sama, yaitu 2-way OEM. Di mana instalasinya mengikuti bentuk OEM atau standar bawaan pabrik dari mobil yang dimodifikasinya.

Khusus subwoofer, para instalatur akan membuatkan box khusus dari material yang disediakan, langsung di lokasi acara. Selain itu, instalatur peserta juga diwajibkan memakai komponen yang telah disediakan untuk berkompetisi upgrade audio mobil. Diantaranya peredam Z3RO SOLUTIONS, head unit ASUKA, Digital Signal Processor ALPINE, Subwoofer pasif HERTZ, Speaker PIONEER, kabel PITCH AND TIMBRE, dan power amplifier ZAPCO serta Aki Massiv. Juga inspeksi AC Mobil oleh ROTARY BINTARO.

Untuk pemasangan subwoofer pasif, keenam peserta Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle diwajibkan untuk membuat boks subwoofer di lokasi kompetisi. Dengan bahan kayu MDF dan material kulit yang disediakan oleh panitia, serta batas waktu yang telah ditentukan, yaitu 60 menit. Instalatur peserta Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle juga diwajibkan untuk memasang sarung jok, sarung setir, dan wrapping body selama instalasi berlangsung, sebagai standar pengerjaan instalasi.

Di hari pertama, batas waktu instalasi peserta antara lain pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Kemudian untuk hari kedua, peserta wajib melakukan tuning dengan durasi waktu mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Setelah melakukan tuning, mobil peserta akan dilakukan penilaian, baik secara teknis mengacu para regulasi prosumer dari asosiasi Car Audio Network (CAN). Penilaian dilakukan oleh Certified Judge CAN yang telah ditunjuk.

Penilaian secara non-teknis juga akan dilakukan oleh ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonevsia (MPR-RI) dan ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bapak H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. yang didaulat sebagai “Honorable Judge”. Penilaian non-teknis, Bapak Bambang Soesatyo atau Pak Bamsoet, akan menilai langsung kepada keenam mobil peserta tersebut dengan cara memutar satu lagu sesuai selera Pak Bamsoet. Pemenang untuk kategori dan pemenangnya akan mendapatkan piala “Bamsoet’s Choice”.

     

Produk sponsor yang digunakan:

  • Peredam Z3RO 2 mm (6 lembar) dan ring speaker 6,5 inch

  • Head unit ASUKA BM Seri 2

  • Processor ALPINE PXE-R600

  • Speaker set PIONEER TS-J170C

  • Power Amplifier ZAPCO DSP ST4-XSQ

  • Subwoofer HERTZ CS 200 S4

  • Kabel RCA & Fuse PICTH & TIMBRE

  • Aki MASSIV THUNDER

  • Inspeksi AC oleh ROTARY BINTARO



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook