Juara Best of the Best IHEAC Car Audio Challenge 2019, Ini Setup Audio Innova Johan Mega Audio

27 Nov 2019, 13:22:57 WIB By Leonardo Suksmaditya In National | View : 205

Juara Best of the Best IHEAC Car Audio Challenge 2019, Ini Setup Audio Innova Johan Mega Audio

Mediaaudio.id - Dalam ajang IASCA IHEAC Car Audio Challenge 2019 kemarin, ada sebuah sesi kontes bergengsi yang memperebutkan piala bergilir IHEAC Best of the Best. Selain piala bergilir, keistimewaan kontes ini terletak pada penjurian yang dilakukan oleh pakar audio dari IHEAC yang tentunya memiliki titik penilaian yang sedikit berbeda dari kontes serupa.

Kali ini tiga juri yang menjadi hakim audio adalah Bing Wijaya, Danny Chairil, dan Salim Sentausa. Nah, untuk kriteria peserta IHEAC adalah juara 1,2 dan 3 dari kelas SQC Official IASCA yang sudah dijurikan sehari sebelumnya.

20 peserta telah tersaring mulai bertanding hingga tersisa enam peserta saja yang lalu diadu lagi hingga keluar tiga terbaik yang layak mendapatkan penghargaan. Pertandingan pun rampung setelah senja naik, dan peserta harus menunggu keesokan hari untuk mengetahui juaranya.

Akhirnya, juara pertama berhasil diraih oleh Johan dari workshop Mega Audio dengan nilai tertinggi akumulasi dari ketiga juri. Innova garapan Jhony Chandra ini tampak memukau para juri dengan paduan kemantapan komponen serta kematangan setingan. Apa saja sih yang racikan komponen yang dibenamkan Jhony Chandra punggawa Mega Audio di mobil jagoannya ini?

Dari depan, Om Jhony memilih headunit Sony Hi res RSX-GS9 sebagai perangkat penyalur sinyal audio. Headunit ini mampu memainkan format audio kualitas tinggi native DSD hingga 24bit/192kHz. Untuk mengatur seluruh channel yang ada, ia mempercayakan pada prosesor premium Mosconi Gladen DSP 8 to 12 Hi res dengan delapan kanal input dan 12 kanal output.

Untuk output suara ia menggunakan sepasang tweeter Focal Beryllium, sepasang midrange Micro Precision, sepasang midbass Audiofrog GB60, sepasang super tweeter Sony XS-GS1 dan sebuah subwoofer Flux 10”.

Semua driver ditenagai oleh amplifier Mosconi Zero 4 dengan tenaga 2 x 210 watt per channel @ 4 ohm dan 2x325 watt per channel @2 ohm. Jika dilihat dari spesifikasi di atas kertas, memang tidak diragukan jika kesempatan juara itu ada, namun tentu salah satu yang tidak kalah penting adalah bagaimana sang tuner melakukan pengaturan untuk mencapai suara yang solid.

“Tuning yang menyeluruh dan detail adalah kunci mendapatkan harmonisasi audio yang baik, percuma komponen terbaik jika kita tidak bisa mengeluarkan kemampuan maksimalnya.” Tutup Jhony Chandra.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook