Towing dari Semarang ke Jakarta, Ini Modifikasi Audio Alphard Mas Wahid

11 Jun 2019, 14:56:53 WIB By Leonardo Suksmaditya In Modification | View : 27

Towing dari Semarang ke Jakarta, Ini Modifikasi Audio Alphard Mas Wahid

Mediaaudio.id - Jika Anda kerap memantau perkembangan otomotif lewat platform video, YouTube, mungkin Anda tidak asing dengan nama Mas Wahid, seorang influencer otomotif yang sesungguhnya berprofesi sebagai “juragan” jual-beli mobil bekas. Nah, menurut sebuah video di kanal YouTube-nya, Mas Wahid baru saja membeli sebuah mobil Toyota Alphard lawas untuk keperluan mudiknya.

Melalui pengetesan panjang serta proses negosiasi, Alphard generasi pertama face lift sukses di bawa pulang tanpa PR yang berarti. Kondisi mobil masih mulus dan orisinal, hanya saja menurut Mas Wahid karena versi jadul, hiburan dalam mobil dirasa masih kurang greget. Untuk mengatasi hal ini, ia langsung berkonsultasi ke Mas Yanto, kapten Begja Autotronics.

Singkat cerita, serangkaian upgrade pun direncanakan Mas Yanto untuk Alphard milik Mas Wahid dan mobil pun di-towing langsung dari Semarang, rumah Mas Wahid ke markas Begja Autotronics di Jakarta.

Sederet komponen pilihan Mas Yanto didasarkan atas keinginan Mas Wahid untuk meningkatkan pengalaman hiburan dalam mobil barunya. Dimulai dengan mengganti head unit bawaan, Mas Yanto memilih Asuka PTA-309TY, sebuah head unit 2DIN berbasis Android dengan layar berukuran 9 inci.

Dengan head unit ini semua hiburan multimedia dan internet pun terjamah di dalam Alphard Mas Wahid. Mulai dari smartphone mirroring, navigasi maps, internet, Spotify, YouTube, dan masih banyak lagi.

Karena Alphard generasi pertama ini sudah dibekali dengan 16 titik speaker yang tertanam, Mas Yanto hanya melengkapi suara frekuensi rendah dengan menambahkan dua buah subwoofer slim active dari Intersys, ISW-806 berukuran 8 inci. Tak ingin memakan banyak tempat, dua buah subwoofer ini pun dibenamkan di bawah jok kiri dan kanan.

Untuk mengatur imaging yang maksimal dari seabrek speaker Alphard, Mas Yanto membenamkan prosesor ARC DSP-8 yang memiliki 8 channel. Dengan 31 band equalizer, prosesor ini memampukan kita untuk mengatur frekuensi setiap detail komponen audio, sehingga menghasilkan suara musik yang berkelas.

Sebagai tambahan, untuk memaksimalkan fungsi head unit dan juga melengkapi fitur mobil agar kekinian, Mas Yanto memasang perangkat TPMS (Tire Pressure Monitoring System) alias pemantau tekanan ban yang terintergrasi dengan head unit. Dengan perangkat ini kita dapat memantau tekanan ban langsung dari head unit.

Menurut Mas Yanto, tidak ada kendala yang berarti pada saat instalasi, hanya saja, tantangan berat hadir ketika proses tunning mengingat begitu banyak komponen audio yang terhubung. Alhasil, tak memakan waktu lama, Alphard Mas Wahid kembali di-towing ke Semarang, dan sesuai dugaan, memuaskan.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook