Sistem Dalam Car Audio

20 Nov 2016, 13:14:42 WIB By Agung M Hassan In How To

Sistem Dalam Car Audio

Berbagai macam system dalam car audio yang biasanya diaplikasikan di kendaraan, selain memberikan konsep sekaligus mencerminkan karakter empunya kendaraan.

MediaAudio (Bandung) - Melanjutkan pembahasan mengenai upgrade car audio (baca: awal untuk memulai car audio),  penulis akan membahas mengenai sistem yang biasanya ada di dunia car audio.

System front rear sub. Beberapa sistem ini merupakan basic saat user/pengguna mengganti atau menambah perangkat audio yang ada di posisi asli kendaraan, baik berupa mengganti head unit asli dari mobilnya, menambahkan power untuk speaker dan subwoofer. Sistemnya adalah seperti ini :

Sistem selanjutnya, pengguna car audio biasanya menentukan konsep sistem yang akan dipakai pada mobilnya. Secara garis besar ada 4 sistem umum di car audio :

  1. Sistem SPL
  2. System SQ
  3. Sistem Multimedia atau Car Theater
  4. Sistem SQL

Sistem SPL (Sound Pressure Level)

Sistem SPL atau singkatan dari Sound Pressure Level adalah sistem yang minitik-beratkan pada kekencangan dari sistem audio dalam kendaraan terutama untuk frekuensi Bass. Semakin kencang pergerakan suara dari subwoofer, tentunya akan semakin besar dorongan udara pada kabin sehingga mampu menciptakan decibel yang tinggi. Biasanya yang memakai system ini adalah pecinta kontes audio adu kencang dB.

System SQ (Sound Quality)

Sound Quality menitik-beratkan pada keseragaman atau persamaan kekencangan di semua lini frekuensi. System ini berusaha untuk mereproduksi suara semirip mungkin dengan rekaman asli. Selain itu banyak terdapat kriteria lain sehingga sebuah sistem dapat mencapai suara yang berkualitas.

Sistem Multimedia atau Car Theater

Sistem Multimedia atau Car Theater terdapat fasilitas untuk memainkan berbagai format musik dalam berbagai device atau perangkat, seperti USB dan lain sebagainya. Tapi sistem ini lebih condong pada menonton film dengan kualitas setara dengan home theater atau bioskop tetapi di mainkan di dalam mobil. Pastinya terdapat layar berupa monitor indash, head unit 2Din, roof monitor, head rest monitor dan sebagainya. Ciri lain ialah biasanya terdapat center speaker.   

Sistem SQL (Sound Quality Loud)

Performance audio di belakang mobil pada sistem ini lebih dominan, bisanya digunakan untuk Car Show Off, kendaraan demo atau promosi hingga untuk gathering .



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook