AudioControl SA-4100i, Mikropon Analisa Audio Profesional lewat Perangkat iOS

25 Mei 2019, 11:23:56 WIB By Leonardo Suksmaditya In Accessories | View : 70

AudioControl SA-4100i, Mikropon Analisa Audio Profesional lewat Perangkat iOS

Guna menghadirkan sound quality yang ideal, kita harus menguji reproduksi suara dengan pengaturan yang akurat. Nah, untuk melihat dan mengukur spectrum akustik dari surrounding apapun mulai dari ruang TV rumah, hingga di dalam mobil kita membutuhkan alat pengukur yang berkualitas, salah satunya adalah AudioControl SA-4100i.

AudioControl SA-4100i adalah mikrofon pengukur atau biasa disebut measurement microphone profesional yang memanfaatkan tenaga pengolahan dari perangkat iOS seperti iPod, iPhone dan iPad. Mikrofon omnidirectional ini hadir dengan koneksi langsung ke perangkat iOS lewat kabet dengan jack Lightning.

Perangkat iOS yang mendukung AudioControl SA-4100i termasuk iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPod Touch 5th Generation, iPad mini, iPad mini 2, iPad mini 3, iPad Air, iPad Air 2, dan iPad 4th generation.

Fungsi dari mikrofon ini berjalan dengan aplikasi Mobile Tools yang bisa langsung diunduh di App Store. Di dalam aplikasi, ada beberapa fitur seperti RTA (Real time analyzer), FFT (Fast Fourier transform analyzer), Polarity, SPL meter, dan DQ61.

1. Real time Analyzer

Di sini kita bisa melihat grafik Sound Pressure Level yang tangkap dari mikrofon mulai frekuensi 20 Hz hingga 20 kHz. Pengukuran juga dapat di-pause, disimpan dan dibuka lagi.

2. FFT

Grafik FFT menunjukkan Sound Pressure Level dari frekuensi 20 Hz hingga 20 kHz setelah Fast Fourier Transform diterapkan ke pengaturan pengukuran dari mikrofon. Dengan fitur ini kita dapat melihat jika terdapat distorsi audio dalam sistem. Distorsi sendiri dapat terjadi karena speaker overload, amplifier clipping, dan lainnya.

3. Polarity

Di menu Polarity kita bisa menganalisa keanehan pada speaker yang terpasang, Gangguan bisa terjadi saat salah pasang kabel, ataupun tertukar, dan masalah lainnya, sehingga kita dapat memperbaikinya berbasis analisa dari fitur ini.

4. Sound Pressure Level Meter

Display ini menunjukkan tingkat tekanan suara yang sangat berguna saat mengatur sistem, sehingga SPL dapat diatur sesuai keinginan seperti semisal membuat pengaturan SPL yang mantap tapi tetap aman bagi pendengaran.

5. DQ61

Menu ini memungkinkan kita untuk menganalisa dan menyetel delay front speaker dan subwoofer untuk AudioControl DQ61 atau sistem DQDX.

AudioControl SA-4100i dibanderol dengan harga USD $229 atau sekitar Rp 3,3 juta.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook