Aman Berkendara dengan Asuka TPS-100, Sistem Pemantau Tekanan Ban Terhubung Headunit

17 Jun 2019, 16:30:28 WIB By Leonardo Suksmaditya In New Product | View : 149

Aman Berkendara dengan Asuka TPS-100, Sistem Pemantau Tekanan Ban Terhubung Headunit

Mediaaudio.id - Merawat mobil adalah satu-satunya cara untuk membuat mobil kita lebih awet dan juga lebih aman serta nyaman dikendarai. Selain mesin, kelistrikan, dan kenyamanan interior, ada bagian penting yang tidak boleh dilupakan, yaitu roda dan ban.

Jadi alas kaki selama kita berkendara, ban memegang peranan penting yang membutuhkan perhatian khusus karena keamanan dan kenyamanan kita tergantung padanya. Perawatan minimal yang harus kita lakukan pada ban adalah menjaga tekanan angin agar selalu ideal. Kenapa?

Pertama, jika ban kita biarkan terlalu lama berjalan dalam keadaan kurang angin maka tapak ban tidak akan habis secara merata. Bagian tengah ban akan tertekuk ke atas, dan secara otomatis tapak bagian samping cepat habis. Alhasil, grip berkurang, risiko meletus tinggi, dan tentu saja siklus pergantian ban yang cepat dapat terjadi.

Kedua, ban yang kurang angin bisa membuat konsumsi bahan bakar semakin boros. Ban yang kurang angin membuat tapak ban lebih banyak menempel pada jalan daripada yang dibutuhkan. Hasilnya, friksi besar, kendaraan terasa lebih berat dan otomatis membuat pengendara menginjak pedal gas lebih dalam dari seharusnya, dan bahan bakar mengucur lebih deras.

Ketiga, dengan tapak yang menempel lebih banyak pada ban kurang angin, handling akan menjadi semakin berat serta tidak responsif. Jadinya, berkendara tidak nyaman dan juga dapat berbahaya saat mengendalikan kendaraan dalam kecepatan tinggi karena ban terasa lembek.

Nah, jika Anda malas, jika harus bolak-balik bengkel ban untuk cek angin tiap waktu, kini ada perangkat canggih bernama TPMS (Tire Pressure Monitoring System) dari Asuka. Seperti namanya, alat ini berfungsi untuk memantau tekanan ban mobil kita. Namun yang membedakan adalah proses ini dilakukan secara nirkabel dan real time alias langsung, bahkan saat kita berkendara sekalipun.

Perangkat ini terbagi atas dua komponen utama, pertama, sensor berbentuk tutup pentil yang dipasang pada tiap ban, dan kedua, unit receiver untuk menerima data dari sensor yang dihubungkan langsung ke head unit.

Lewat seri Asuka TPS-100, kita tidak hanya dapat memantau tekanan ban secara langsung dari head unit, tapi juga informasi seperti temperatur ban, dan notifikasi jika ban kurang angin, kelebihan angin, atau adanya penurunan tekanan angin secara drastis. Semua fitur ini membuat pengalaman berkendara kita semakin aman dan terkendali.

TPS-100 mampu bekerja dengan headunit Asuka mulai seri PTA. Memanfaatkan low power Bluetooth untuk koneksinya, sensor pada ban ditenagai baterai yang dapat diganti sekaligus dilengkapi pengaman agar tidak mudah dilepas oleh pihak yang tak bertanggungjawab.

TPS-100 dilepas dengan harga retail Rp1.800.000,- dalam masa promo dari harga normal Rp1.900.000,- garansi 2 tahun.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook