3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pasang Peredam Mobil

30 Okt 2019, 14:13:38 WIB By Leonardo Suksmaditya In National | View : 192

3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pasang Peredam Mobil

Mediaaudio.id - Mungkin kita semua setuju, jika kita ingin meningkatkan kualitas pengalaman audio dalam mobil, ada beberapa hal yang harus kita pasang selain speaker, amplifier dan headhunit. Salah satu yang cukup penting tersebut adalah peredam yang biasa dipasang di floor, pintu, atap atau firewall di dalam mobil.

Seperti namanya peredam bertugas untuk meminimalisir kebisingan dari luar mobil untuk masuk ke kabin dan suara dari dalam kabin tidak keluar sehingga suara dari driver dapat beresonansi sempurna. Walau sangat menunjang performa audio mobil, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum kita memasangnya.

1. Beban Mobil

Tergantung area mana saja yang dipasang, peredam sudah pasti akan menambah beban bobot pada mobil. Jika full body dipasang, bobotnya akan bertambah sekitar 20 kilogram, ya sekitar bobot satu orang anak. Dengan bertambahnya bobot beban standar, tentunya akan berimbas pada meningkatnya konsumsi BBM reguler, walau mungkin tidak terlalu banyak.

2. Pemilihan Bahan

Ada beberapa bahan peredam yang tersedia di pasaran. Jikalau jaman dahulu kita kenal banyak produk peredam berbahan aspal yang kini sudah terbukti berbahaya, saat ini sudah beredar peredam dengan bahan yang aman yaitu butyl rubber. Pastikan kita memilih bahan yang aman bagi kesehatan, terutama karena kita sering berkendara di dalam mobil dalam waktu yang lama.

3. Pemasangan

Terkait mengenai pemasangan, saat ini, peredam bahan rubber butyl memang yang terbaik, namun memang memiliki harga yang paling tinggi, dibanding peredam bahan lain. Untuk hasil lebih maksimal tentu saja peredaman menyeluruh memang disarankan, namun untuk lebih berhemat kita dapat menempatkan peredam pada spot-spot tertentu saja yang rawan bising, seperti daerah kaki-kaki, floor dan pintu. Nah, satu lagi yang perlu diingat adalah pemasangan ini bersifat permanen, alias tidak bisa dilepas pasang, dipindahkan ke mobil lain.

                   



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook