Tips Jitu Merawat Audio Mobil

20 Jun 2019, 13:50:36 WIB By Leonardo Suksmaditya In Articles | View : 96

Tips Jitu Merawat Audio Mobil

Mediaaudio.id - Sama seperti mesin, interior, dan esksterior mobil, audio dan seluruh perangkat car entertainmet di dalam mobil juga ada umurnya. Seiring waktu penggunaan, komponen-komponen di dalamnya juga bisa aus dan rusak. Agar tak cepat rusak, perangkat car entertainment kita juga butuh perawatan.

Jangan dulu takut, perawatan audio sesungguhnya tidak memakan biaya banyak dan terbilang sederhana, tapi mungkin efeknya besar. Penasaran? Berikut tips jitu merawat audio mobil.

1. Kebersihan

Walau sederhana, kotoran pada komponen audio dapat memperpendek usia perangkat. Maka dari itu, usahakan lakukan pembersihan pada komponen head unit, speaker, amplifier dan lainnya secara berkala. Gunakan lap kering untuk menyingkirkan debu atau pun kotoran yang bersifat cair, seperti minyak atau air. Lipat kain hingga tipis untuk menjangkau sudut2 sempit pada head unit dan speaker.

Tidak lupa, jika head unit kita memiliki pemutar CD, pastikan juga kebersihan mulut enterance piringan dan juga kebersihan optic menggunakan CD lens cleaner.

2. Kebiasaan Pemakaian

Selain kebersihan, cara kita menggunakan komponen audio juga dapat berpengaruh kepada usia pakai perangkat. Pemakaian yang asal-asalan dapat berujung ke penurunan kualitas komponen hingga kerusakan.

Pastikan mengatur komposisi volume, bass, mid, dan treble sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari perangkat kita. Jangan memaksakan suara jika speaker sudah terdengar kurang jernih, karena lambat laun dapat merusak komponennya.

Biasakan juga memutar musik dengan kualitas yang baik, bila memakai CD pastikan juga CD yang orisinal sehingga speaker tidak menghantarkan frekuensi yang tidak diinginkan dan dapat merusak perangkat.

Terakhir, biasakan juga untuk mematikan head unit sebelum mematikan mesin mobil. Jika tidak dimatikan, maka audio nanti otomatis akan berputar lagi secara langsung saat mobil menyala. Kebiasaan buruk ini dapat memperpendek usia audio kita. Pasalnya, saat mesin di-starter, sistem audio akan mendapat aliran daya yang kurang stabil dari aki yang tentu berisiko merusak komponen.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk memperpanjang usia perangkat audio, mudah dan praktis tidak memakan biaya besar. Semoga tips ini membantu, pantau terus tips lainnya tetap di mediaaudio.id.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook