Tonal Accuracy dan Spectral Balance Menurut Asawendo Swisrianto

21 Sep 2019, 11:21:19 WIB By Leonardo Suksmaditya In Installer Tips | View : 246

Tonal Accuracy dan Spectral Balance Menurut Asawendo Swisrianto

Mediaadio.id - Pada dunia audio kita kerap mendengar istilah tonal accuracy, sound stage, spectral balance dan masih banyak lagi. Di kompetisi IASCA, istilah-istilah ini merupakan point penilaian yang patut dimaksimalkan peserta guna mendapat kan nilai yang memuaskan. Penasaran apa itu tonal accuracy dan spectral balance, dan bagaimana cara mencapai tingkatan yang baik? Berikut penjelasannya menurut Asawendo Swisrianto founder Rumah Audio Indonesia.

Tonal Accuracy

Istilah ini jika digambarkan adalah seberapa akurat sebuah sistem audio secara umum menghantarkan hasil rekam secara nyata. Nyata dalam hal ini mencakup semua suara, mulai dari vokal hingga instrumen lainnya. Asawendo menjelaskan “Tonal accuracy itu adalah seberapa mirip reproduksi frekuensi suara dengan suara instrumen aslinya.”

“Sebagai contoh, suara gitar itu harus terdengar seperti suara gitar asli akurat sesuai rekaman, tidak seperti kecapi, atau sitar, gendang harus terdengar sangat identik dengan gendang, bukan ketipung atau rebana.” Tambahnya.

Nah, penilaian akan diambil berdasarkan tingkat keakuratan sebuah sistem audio menghadirkan suara instrumen yang diputarkan. Semakin nyata selayaknya kita mendengarkan pementasan live semakin tinggi nilainya.

Spectral Balance

Spectral balance di sisi lain adalah keseimbangan spectrum, keseimbangan suara dalam sistem audio, vokal, gitar, drum, bass, atau instrumen apapun yang ada dalam rekaman. Masing-masing instrumen memiliki tenaga, amplitudo, bandwidth dan frekuensi, bagaimana kita menempatkan setiap instrumen secara seimbang.

Mengenai ini, Asawendo mengungkapkan jika “Tingkatan spectrum balance yang baik adalah jika ada keseimbangan spectrum suara secara keseluruhan, di mama sistem harus menampilkan setiap detil instrumen secara proporsional dan utuh di semua frekuensi audible.”

Nah, untuk mencapai tingkatan yang baik dalam dua poin penilaian ini, menurut Asawendo ada tiga tips inti yang harus diperhatikan. “Pertama, seluruh perangkat termasuk driver, power, wire, dan sebagainya harus matching alias selaras. Kedua, komponen yang tepat ini harus dipasang dengan baik, baik itu penempatan komponen, pemasangan, volume ruang resonansi dan lainnya. Terakhir, tunning atau setting suara dengan tepat dan benar.”

“Tanpa terpenuhinya faktor-faktor di atas Anda tidak akan mendapatkan tonal accuracy dan spectral balance yang maksimal.” Tutup pak Wendo.

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook