Rombak Total Audio Pajero Sport Besutan Begja Autotronics

06 Jul 2019, 11:36:57 WIB By Leonardo Suksmaditya In Modification | View : 69

Rombak Total Audio Pajero Sport Besutan Begja Autotronics

Mediaaudio.id - Pajero, seri SUV dari Mitsubishi ini tak perlu diragukan lagi namanya. Kerap terlihat melenggang di aspal, mungkin banyak yang belum tahu jika mobil ini kerap menjuarai kompetisi balap ekstrem Rally Paris Dakkar. Performa mesin dan durabilitas adalah dua dari banyak alasan orang memilihnya. Pajero Sport sendiri hadir dengan kapasitas mesin lebih kecil, namun tetap tak kalah tangguh. Tapi apa mobil all terrain bisa jadi mobil entertainment?

Mampir ke Begja Autotronics, tim Mediaaudio.id kebetulan melihat Mas Yanto, ujung tombak Begja sedang mengerjakan tahap awal proyek upgrade audio Mitsubishi Pajero Sport. Ali, sang pemilik telah memasrahkan mobilnya untuk dirombak, dan dengan skema matang tim Begja pun segera mengeksekusi.

Peredaman

Guna mendapatkan akustik terbaik, Mas Yanto langsung memasang peredam menyeluruh, dari lantai, pintu-pintu, serta plafon. Pelapisan awal dipilih Noisekill NK-03 yang terdiri atas 3 layer termasuk karet butyl, aluminium Alloy foil Silver coating, dan busa akustik. Selanjutnya, agar lebih padat dan kedap, NK-03 dilapisi lagi dengan cairan soundproof secara menyeluruh. Terakhir, Mas Yanto memberi instruksi pemasangan lapisan busa Noisekill NK-18, mantap.

Prosesor, amplifier dan Speaker

Dengan dana yang agak leluasa dari Ali, Mas Yanto berusaha memberikan setup yang terbaik, diawali dengan pilihan all ARC Audio full komponen. Pertama, dipilihlah prosesor ARC PS8 yang memiliki 8 channel independent, dual 72-bit volume control processor, serta software tunning yang lengkap guna mengatur input dan output.

Masih menggunakan ARC Audio, Mas Yanto menerapkan sistem 3 way dengan tweeter RS 1.0 dan midrange RS 3.0 di piliar A, serta midbass RS 6.0 di pintu depan, persis seperti yang digunakan YouTuber Ridwan Hanif pada Toyota Avanza-nya. Ketiga speaker ini ditenagai oleh amplifier ARC seri XDI 1200.6, 6 channel @150 watt.

Untuk frekuensi rendah, Mas Yanto menyiapkan subwoofer ARC 10D4 dengan RMS power handling 250 watt dibungkus box speaker custom-made bervolume 1.2 cubic feet. Subwoofer di arahkan agak menengadah agar pantulan menjangkau seluruh kabin dengan perhitungan matang. Subwoofer ini lantas dipasangkan dengan dedicated amplifier monoblock Momentum DC 3000.1, 1 x 1500w @1ohm.

Headunit

Terakhir, sumber suara juga dipertimbangkan baik-baik oleh “sang kapten”. Mencari kualitas output suara maksimal dan fitur yang kaya, pilihan Mas Yanto jatuh pada Asuka PTA-100, headunit revolusioner berbasis Android built-in digital TV yang tetap stabil walau berkendara kecepatan tinggi. Selain mampu mengolah file audio resolusi tinggi, PTA-100 juga sudah dilengkapi dengan fitur dan hiburan online layaknya smartphone seperti YouTube, Spotify, Google Maps, dan aplikasi lainnya.

Ditemui langsung saat pengerjaan selesai, Ali yang sempat beberapa saat mencoba setingan audio baru di mobilnya pun menyatakan kepuasan. “Pertama, amazing, saya belum pernah pasang audio sebagus ini, jadi memang detail vokalnya sangat jelas, semua alat musik tampil detail dan nyata.” Ujarnya.

Garapan yang selalu rapi dan pemilihan komponen yang berkualitas dari Begja Autotronics jadi alasan Ali menyerahkan Pajero Sport-nya untuk dimodifikasi. “Upgrade ini sangat cocok buat saya yang sehari-hari banyak di mobil.” Tutupnya.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook