Psychlone : Pshycho Loud Competition

25 Jul 2016, 11:18:53 WIB By Agung M Hassan In Articles

Psychlone : Pshycho Loud Competition

Ternyata banyak konsep dari kontes car audio yang mampu menggairahkan dan membangun industri, salah satunya Psychlone Competition berupa divisi lain dari kontes persembahan Termpro.

Tentunya sudah tidak asing lagi dengan dBDrag Racing yang merupakan kontes sound pressure level racikan Wayne Harris selaku president dari Termpro. Ternyata selain dB Drag Racing, Termpro juga merilis 3 peraturan pertandingan lainnya. Antara lain Bass Race, Psychlone, dan Top Dog. Kemungkinan satu persatu akan kita bahas untuk menambah wawasan terhadap industri kompetisi dunia.

Pertama kali yang akan dibahas ialah Psychlone Competition yang merupakan format kompetisi yang dirancang agar industri car audio after market lebih semarak dan semakin menggeliat. Format dari Psychlone lebih kepada penggemar car audio yang mencintai keindahan serta kerapian dalam instalasi System audio di kendaraan. Selain itu, kompetisi ini bisa diikuti oleh siapa saja dari mulai khalayak umum dengan kemampuan pendengaran belum terasah, hingga tingkatan ahli yang kupingnya biasa mendengar suara berkualitas tinggi.

Peserta dari Psychlone masing-masing akan dinilai menggunakan ketiga elemen yang  menjadi dasar penilaian dalam kompetisi Psychlone, yaitu:

  • Sound Pressure Level (SPL), yang digunakan untuk menentukan seberapa "keras" sistem car stereo bisa bermain.
  • Real Time Analisys (RTA), digunakan untuk menentukan frekuensi respons dari sistem.
  • Installation Quality, digunakan untuk menentukan unsurunsur mendasar dari instalasi aftermarket yang baik dan benar.

Dalam pengukuran selama pertandingan, semuanya dilakukan dengan source berupa musik dan bukan Test tone. Pihak Termpro mengatakan bahwa Test tone dapat berkamuflase atau tersamarkan dalam musik, tetapi tetap saja Test One tidak boleh digunakan dalam Psychlone Competition.

Siapa dan klasifikasi seperti apa saja untuk peserta yang boleh terjun dalam Psychlone Competition? Dari penjelasan yang ada pada penjabaran regulasi di website Termpro memang sedikit membingungkan. Dalam Web tersebut dikatakan bahwa normalnya hanya terdapat satu kelas saja pada kontes ini. Tetapi tergantung dari seberapa besar event yang terselenggara.

Disebutkan bahwa terdapat dua kelas, yaitu Amatir dan Pro. Biasanya untuk kelas amatir menggunakan perangkat dengan daya tidak lebih dari 2000 watt yang ada pada System, dan perangkat yang digunakan bukan sebagai produk dengan predikat “competition Grade”.      

Jika dilihat, Psychlone ini seperti layaknya pertandingan Sound Quality Loud yang sedang marak terselenggara di Tanah Air. Bedanya ialah untuk penjurian suara SQ pada pertandingan SQL dan pengukuran RTA pada Psychlone. Dari kedua kompetisi tersebut masing-masing terdapat plus minusnya. Untuk Psychlone plusnya ialah hasil yang dikeluarkan berdasarkan alat ukur sehingga mengurangi nilai subyektifitas. Tetapi kekurangannya ialah, SQ merupakan faktor rasa yang terdiri dari elemen 3D, sedangkan alat ukur belum dapat mencapai sejauh itu, terkecuali telinga manusia.

Dari hal-hal tersebut memang keduanya mempunyai arah yang sama dalam mengembangkan car stereo, tetapi dengan cara yang berbeda. Apapun itu, semua cara kompetisi pasti telah diramu dan rancang sedemikian rupa agar layak untuk dipertandingkan. Dan yang terpenting agar car audio tambah semarak.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook