Mengungkap Asosiasi Audio Dunia

26 Jul 2016, 11:33:28 WIB By Agung M Hassan In Articles

Mengungkap Asosiasi Audio Dunia

‘Refresh’ ingatan kita akan beberapa asosiasi besar dunia yang mempengaruhi perkembangan industry car audio international.  

Jakarta (mediaaudio) - Banyak asosiasi besar car audio di dunia yang menyuguhkan berbagai regulasi dan ketentuan dari kontes dengan criteria yang telah mereka kaji dengan sangat apik berdasarkan pengalaman yang ditemui dilapangan.

Salah satu point plus ialah ketika para juri tidak hanya sekedar menilai dari sebuah system dan menentukan juaranya saja, tetapi mereka rata-rata diberi tanggung jawab untuk memberi masukan dari kekurangan yang ada dalam kendaraan yang mereka juri. Tentunya hal itu dapat menjadi nilai tambah yang sangat bermanfaat bagi peserta untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan instalasi dan setting. Sekedar membuka wawasan kembali dari informasi yang telah ada dan membuka kembali satu persatu website dari asosiasi dunia, diantaranya yaitu.

dB Drag Racing Association

www.tempro.com

Founder. Wayne Harris

Content :

  • dB Drag Racing
  • Bass Race
  • Psychlone
  • Top Dog

Di bawah naungan dBDRA, asosiasi ini memiliki 4 buah system penjurian. Dari ke-4 konten tersebut, semuanya mengacu pada pertandingan Sound Pressure Level yang ditekankan pada perolehan nilai decibel tertinggi. Salah satu sistem penjuriannya yaitu dB Drag Racing. Mungkin saat ini image dB Drag Racing telah terkenal seantero jagat, malahan rata-rata pertandingan SPL mengacu pada regulasi mereka.

Pada aplikasinya di Indonesia, rata-rata kontestan belum bisa menerima regulasi yang diluncurkan oleh dB Drag. Padahal jika disimak lebih dalam, regulasi yang dB Drag buat sangat logis sesuai dengan kelasnya dan penuh pembelajaran.

Jika melihat rekor nilai decibel dunia versi dB Drag yang mereka raih di Amerika, untuk kelas extreme mencapai 183 dB atau untuk kelas penggunaan 2 subwoofer telah menembus angka 160 dB dengan spesifikasi Street A. Sedangkan jika kita lihat pertandingan di tanah air, nilai dB tertinggi 2 subwoofer memang menembus angka 160,2 dB, tetapi dengan spesifikasi modifikasi dan penggunaan perangkat setara kelas extreme. Untuk sekedar informasi, dBDRA juga merupakan distributor dari Term LAB, atau alat yang dibuat khusus untuk mengukur dB SPL dalam kendaraan. 

EASCA – European Auto Sound Association

www.easca.de

EASCA lahir 5 tahun yang lalu atau tepatnya di tahun 2009, di benua Eropa. Asosiasi ini terlahir lantaran keinginan dari para audiophiles akan kontes yang tidak diintimidasi oleh sponsor dalam event. Sesuai dengan selogannya bahwa EASCA merupakan asosiasi independent dan didanai hanya berdasarkan biaya pendaftaran peserta dan sumbangan-sumbangan, baik dari pribadi maupun dari perusahaan retail.

Di Indonesia, EASCA masuk tahun 2012. Awal kali mengadakan kontes di Bandung, mendapatkan animo yang baik dan sukses mengadakan event besarnya dengan menghadirkan 120 kendaraan kontes sound quality. EASCA Eropa hanya mempunyai dua kriteria penjurian yaitu SQL atau Sound Quality League dan dBL atau Decibel League. 

MECA – Mobile Electronics Competition Association

www.mecacaraudio.com

Konten:

  • SQL – Sound Quality League
  • SPL – Sound Pressure League
  • Boom & Zoom
  • Show & Shine

Lahir 1999 di Amerika, MECA memperkenalkan dirinya sebagai club dan organisasi untuk kontes. Organisasi ini memiliki 4 system pertandingan, yaitu Sound Quality League, Sound Pressure League, Boom & Zoom, serta Show & Shine. SQL dan SPL yang diadakan MECA mungkin hampir sama seperti yang kita alami biasanya. Hanya saja sedikit menarik untuk Boom & Zoom dan Show & Shine. Kedua berupa persaingan modifikasi yang memamerkan semua jenis kendaraan. 

MECA telah ada di hampir Negara-negara besar didunia, walaupun belum selengkap IASCA dan EMMA. Regulasi MECA pun dianggap memenuhi berbagai criteria di beberapa Negara sehingga banyak yang menggunakannya. MECA sekarang bekerjasama dengan CEA atau Consumer Electronic Association untuk mengontrol perkembangan serta pergerakan barang-barang elektronik khususnya yang menggunakan daya 12 volt.

USACI – United State Auto Sound Competition International

www.soundoff.org

Dilihat dari namanya, tentunya asosiasi ini berbau Amerika walaupun ujungnya menggunakan istilah international. USACI memiliki 3 format pertandingan, Sound Quality, Outlaw SPL dan Mini SPL. Pada dasarnya, USACI hampir sama dengan asosiasi yang mengkoordinir kontes. Ada yang menarik jika diperhatikan pergerakan mereka dalam melakukan kontes, rata-rata beberapa organisasi ini sering mengadakan event bersama sehingga suasana lebih meriah. Untuk USACI, di tanah air pun belum ada yang berantusias untuk mendatangkannya.

EMMA – European Mobile Media Association

www.emmanet.com

Patut diakui, saat ini ditanah air atau bahkan di dunia, EMMA diperkirakan sebagai asosiasi car audio yang paling besar dan paling terkoordinasi antar anggotanya di setiap Negara. Mungkin dikarenakan Alex Kleet sebagai CEO EMMA GmBH yang bekerja keras agar organisasinya mempu berkembang hingga ke berbagai Negara. Keterbukaan para konseptor EMMA akan masukan anggota-anggotanya diberbagai Negara yang disesuaikan dengan kondisi local, sangat mempengaruhi pesatnya EMMA.

Para mania kontes SQ di Indonesia pasti sudah faham betul apa itu EMMA, dari mulai sejarah hingga regulasinya. Sepertinya setiap kalimat hingga titik dan koma telah ingat diluar kepala. Dan tentunya imbas positif dapat langsung dirasakan, walaupun tidak jarang banyak yang kandas tidak mendapatkan trophy, tapi instalasi dan pengetahuan kontestan menjadi beberapa tahap lebih baik.

Di Indonesia, perkembangan EMMA tidak lepas dari buah tangan berbagai pihak terkait. EMMA Eropa sepertinya harus berterima kasih kepada pentolan-pentolan EMMA Indonesia, karena perkembangan EMMA di Asia tidak lepas dari petinggi-petinggi EMMA Asia yang ulet memperjuangkan EMMA.

IASCA – International Auto Sound Challenge Association

www.iasca.com

Asosiasi audio yang berasal dari negeri paman Sam ini disinyalir sebagai organisasi car audio tertua dan pertama. Berdiri di tahun 1989 dan pada tahun 2002 sound off organization yang membawahi IASCA dibeli oleh Paul G. Papadeas hingga saat ini menjadi President IASCA.

Format-format pertandingan yang diselenggarakan oleh IASCA adalah:

  • SQ Format
    • SQC – Sound Quality Challenge
    • IQC – Installation Quality Challenge
    • RTA/SPL Challenge
    • Triple Crown
  • SPL Format
    • Bass Boxing
    • iDBL – IASCA dB League
  • Car Show Formats
    • Tuner Jam the ultimate car show
    • NiteGlow Light Show
  • Fun Formats
    • MACS – Mobil Audio Car Show

Sayangnya, beberapa tahun belakangan ini IASCA world wide seperti kurang agresif. Mungkin hal ini berpengaruh kepada IASCA Indonesia masih belum ada pergerakannya. Tapi di tahun 2016 ini, sepertinya IASCA telah kembali mendapatkan darah segar untuk menggemparkan kembali IASCA di dunia.

Mengingat format-format yang ada di IASCA sekarang ini yang dirasa memberikan konsep yang luar biasa, diharapkan IASCA di Indonesia dapat berkembang dengan pesat. Membuat kompetisi car audio di Indonesia semakin bergejolak.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook