Mengenal Jenis Speaker mobil dan Fungsinya

13 Jun 2019, 14:26:02 WIB By Leonardo Suksmaditya In National | View : 43

Mengenal Jenis Speaker mobil dan Fungsinya

Mediaaudio.id - Di dalam sistem audio mobil ada banyak perangkat yang mendukung, namun perangkat yang kebagian memproduksi suara adalah speaker. Speaker sendiri adalah sebuah perangkat yang mengubah energi listrik menjadi mekanis hingga jadi energi suara.

Speaker sendiri bertugas menghadirkan frekuensi suara yang mampu didengar telinga manusia di kisaran 20Hz hingga 20kHz. Nah, atas dasar rentang tersebut, speaker dibagi lagi dalam beberapa jenis, berikut pembagian jenis speaker secara umum.

1. Tweeter

Speaker ini adalah speaker yang dari wujudnya terlihat paling kecil, mungkin dari diameter 0,5 inci hingga paling besar 4 inci. Tugas dari tweeter sendiri adalah memproduksi suara dengan frekuensi tinggi mulai dari 3500Hz hingga 20kHz, seperti suara cymbal drum, suara denting, peluit, dan sejenis.

2. Midrange

Midrange adalah speaker yang memiliki ukuran biasanya di atas diameter 3 inci yang mampu mereproduksi suara di frekuensi 350Hz hingga 4500Hz. Speaker jenis ini biasanya disertakan pada set speaker 3 way guna melengkapi jarak antara frekuensi tinggi dan rendah, biasanya terdapat di suara vokal.

3. Midbass

Speaker ini adalah speaker yang bekerja di suara dengan rentang frekuensi menengah hingga rendah antara 80Hz hingga 350Hz. Umumnya speaker ini memiliki diameter 5 hingga 7 inci dan ada di set speaker 2 way.

4. Subwoofer

Nah, untuk jangkauan suara paling rendah, biasanya speaker jenis subwoofer digunakan. Biasa disebut suara bass, speaker ini berkerja di rentang frekuensi 80Hz hingga 20Hz. Pada umumnya subwoofer memiliki ukuran diameter paling besar daripada jenis speaker lain. Diameter subwoofer mulai dari 8 inci.

Untuk menciptakan suara yang lengkap dan padat, tentunya kita dapat memasang dan mengatur konfigurasi dari speaker-speaker ini hingga hasil maksimal tentunya dengan bantuan komponen-komponen lain seperti, amplifier sebagai pengatur tenaga, prosesor, head unit, dan sebagainya.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook