Kunci Rahasia dari Mobil Juara 1 kelas Pro 120

20 Sep 2018, 16:23:58 WIB By Agung M Hassan In Sq

Kunci Rahasia dari Mobil Juara 1 kelas Pro 120

Untuk turun kontes terutama di kelas Professional dengan batasan budget 120 juta memang butuh usaha dan kerja keras ekstra. Pasalnya yang turun ini hanya mengandalkan perangkat dengan budget jauh di bawah itu, dan hasilnya mampu mengantongi peringkat The Champion.

Begitulah sekelumit kisah yang dialami oleh Felicia pemilik dari Nissan Grand Livina lansiran 2013, kegemarannya mendengarkan musik dikendaraan malah membawa kendaraan besutannya ini menjadi juara di salah satu ajang kontes car audio, tidak tanggung-tanggung kelas kategori yang diraihnya pun termasuk kelas bergengsi.

Semuanya itu tidak terlepas dari tangan terampil instalatur dari Eleven Audio yang bermarkas di MGK Mega Kemayoran Jakarta. Disinilah dimulainya perjalanan Nissan Grand Livina ini. Konsep awal dari instalasinya terbilang umum, yaitu daily use easy listening, maka dari itu perangkat yang digunakannya juga bukan merupakan peralatan tempur khusus kontes. Walaupun demikian, segala sesuatu yang terbaik dipersembahkan oleh pihak Eleven Audio untuk dapat memuaskan kuping konsumennya ini.

Awal pemilihan perangkat dimulai dari mengganti main source bawaan pabrik Grand Livina menjadi Alpine IVA-W502, head unit double din yang dipenuhi oleh fitur multimedia plus kualitas suara yang dibawanya pun bisa dipertanggung-jawabkan. Dari situ kemudian disalurkan ke pengatur utama sistem berupa Digital Signal Processor pabrikan NS Audio yang memiliki fitur output 8 kanal. Produk tersebut dipilih karena sistem audio di mobil Grand Livina ini menganut front 3 way plus subwoofer dengan mekanisme bi-amp atau kanal amplifier mendrive satu speaker secara independent. Maka dari itu dibutuhkan minimal 7 buah kanal amplifier.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Elevent Audio mengandalkan 2 buah amplifier dari merek Intersys audio. Satu buah amplifier Intersys 1.DIN-VU 4 kanal dan satu buah power 4 kanal juga dari Intersys ISP-4360. Yang menarik ialah amplifier Intersys 1.DIN-VU ini dimensinya hanya sebesar head unit saja, makanya amplifier ini disebut in-dash amplifier, karena bisa dipasang seperti layaknya head unit. Walaupun begitu, kemampuan yang tertera berdasarkan spesifikasi pabrik sekitar 100 watt tiap kanalnya pada 4 ohm. Hmm... dahsyat juga ya!!

Pada Grand Livina ini, Intersys 1.DIN-VU digunakan sebagai pengangkat daya dari tweeter dan midrange. Sedangkan untuk daya dari midwoofer dan subwoofer berasal dari Amplifier Intersys ISP-4360. Secara instalasi, kedua amplifier ini disimpan dengan rapi oleh installer dibawah jok dari driver dan penumpang depan. Sehingga terlihat original dan sangat ekonomis dalam hal placement. 

 

Instalatur dari Eleven Audio sedikit membocorkan settingan yang dilakukan pada sistim Grand Livina ini. Dengan alasan tertentu memberlakukan gap atau celah pada cutting frequency antara tweeter dan midrange. "Hal ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan suara yang nyaman di telinga," ungkap Joshua sang instalatur.

Siasat tersebut merupakan hasil riset yang dilakukan dalam rangka matching produk dengan speaker 3 way dari PCA HDS-6.5 dan digabungkan bersama subwoofer Intersys ISW-124. Treatment yang dilakukan pada penempatan speakernya pun dilakukan dengan sangat hati-hati, tweeter dan midrange ditempatkan pada pilar A dengan posisi kurang lebih 25 derajat on axis menuju tengah-tengah antara tempat duduk pengemudi dan penumpang bagian depan.

Posisi tweeter sengaja dibedakan 2 cm lebih mundur dari pada midrange yang bertujuan agar signal suara diharapkan dapat sampai secara bersamaan ke kuping tanpa melalui time delay terlebih dahulu. Sedangkan untuk midbass tetap dipasang pada posisi original dipintu kendaraan. Beralih pada penempatan subwoofer, instalatur menempatkan penghasil suara rendah ini pada box port dengan volume sekitar 1 kubik dengan ukuran port 3 inci dan panjang 40 cm.

Satu hal yang menjadi kunci rahasia yang ada pada Grand Livina ini khususnya dan mobil-mobil lain yang dipasang oleh Eleven Audio ialah 'Rigiditas' dengan menciptakan enclosur atau tempat yang sekokoh mungkin. Sedikit membocorkan treatment agar tercipta material yang rigid berasal dari benarnya peredaman serta satu trik berupa membungkus bagian magnet speaker dan mengcoating atau melapisi kembali konus speaker dengan lapisan khusus hingga lebih kaku.

Alhasil, dengan budget perangkat yang minimal tapi mampu menduduki peringkat teratas di kelas Professional dengan budget maksimal 120 juta.

Spesifikasi :
Kendaraan : Nissan Grand Livina 2013
Pemilik : Felicia
Workshop : Eleven Audio - MGK Kemayoran Jakarta
Instalatur : Joshua

Head Unit : Alpine IVA-W502E
Processor : NS Audio DSP-8
Amplifier :
- Intersys 1.DIN-VU
- Intersys ISP-4360
Speaker :3 Way PCA HDS -6.5
Subwoofer : Intersys ISW-124
Wiring : Custom By Eleven Audio
Peredam : Noise Kill



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook