Keren... Tidak Hanya IASCA, Wibowo Sabet Piala Champion of Champion Meca dan CAN

21 Mei 2018, 14:47:59 WIB By Roy In Sq

Keren... Tidak Hanya IASCA, Wibowo Sabet Piala Champion of Champion Meca dan CAN

Memiliki prestasi diberbagai bidang tentunya amat membanggakan bagi siapa saja yang memilikinya sebab dapat menjadi panutan bagi yang ingin meraih prestasi tersebut. Nah, di dunia car audio prestasi dapat diukur dari banyaknya penghargaan atau seberapa banyak piala yang telah dimenangkan seseorang dalam kompetisi. Menjadi juara diberbagai ajang kontes bergensi juga menjadi salah satu bukti dari keberhasilan sistem perangkat audio yang dipasang.

 

Salah satu sosok yang dapat dijadikan acuan salah satunya Wibowo, lewat ketelitian dalam pemilihan produk, kerapihan instalasi, serta settingan yang apik, beliau sukses membawa Toyota Innova miliknya membawa pulang tiga piala Champion of Champion dari tiga asosiasi car audio di Indonesia (IASCA Juara 1, CAN Juara 3, MECA Juara 1). Champion of Champion merupakan kompetisi khusus yang diinisiasi oleh PAHAMI (Persatuan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia), dan sudah jadi rahasia umum bahwa trophy Champion of Champion memiliki sisi prestise yang tinggi diantara para peserta kontes car audio di Indonesia.

 

Duo kombinasi apik dari Mcintosh dan Zapco

Sebagai sumber utama mobil berwarna silver tahun 2015 ini diracik menggunakan headunit Mcintosh MX5000 dan prosesor dari Zapco Z 8 IV. Nama Mcintosh MX5000 memang memiliki kelas tersendiri di pasar headunit yang beredar di Indonesia. Mcintosh MX5000 menggunakan terminal emas pada input dan output-nya yang berfungsi menjaga ketahanan terhadap korosi. Sementara untuk pengolah suara, prosesor dari Zapco  Z 8 IV dibenamkan dalam system audio mobil ini. Zapco Z 8 IV ini tidak hanya memiliki kemampuan mengolah sinyal audio Hires, tapi juga dilengkapi dengan sistem tuning otomatis karena memiliki fasilitas RTA built-in.

 

Speaker 3 Way ScanSpeak Gold Series jadi andalan

Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil yang sering mengikuti berbagai ajang kontes ini adalah speaker utama yang menggunakan Speaker 3 Way dari ScanSpeak Gold Series menjadi faktor yang sangat penting. Tweeter-nya menggunakan D3004/602005 Beryllium, MidRange 11M/4631 G05 sementara untuk MidBass-nya menggunakan 16W/4538 G05. Seri otomotif dari ScanSpeak ini memiliki kualitas peredaman yang baik, distorsi rendah serta sangat ringan sehingga mampu megalunkan suara yang jernih.

Untuk urusan subwoofer, mobil ini menggunakan Dynaudio Esotar 1200. Sebagai brand yang telah lama malang melintang di dunia audio tentunya merek Dynaudio tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Subwoofer 30 inci dengan diameter 75 mm ini sangat ciamik melantunkan suara frekuensi rendah tanpa mengeluarkan distorsi.

 

3 power Amplifier yang saling melengkapi

Untuk mendorong kinerja dari speaker dan subwoofer, tak tanggung-tanggung Wibowo menggunakan 3 power amplifier yang akan menghasilkan kualitas suara yang dihasilkan dari system audio yang dibangun olehnya menjadi lebih maksimal. Pilihan pertama jatuh ke Brax Matrik MX4, power 4 channel dari jerman ini dipilih sebagai power amplifier front (depan). Untuk memaksimalkan suara dari arah bagian belakang pilihan jatuh ke Brax X2000. Sementara untuk menguatkan semburan suara rendah dari subwoofer menggunakan Genesis DMX. Penggunaan Genesis DMX sebagai power dari Dynaudio Esotar yang digunakan sebagai subwoofer bukannya tanpa alasan. Memang produk-produk dari Dynaudio diperlukan power amplifier dengan daya yang besar untuk memaksimal suara yang keluar, jadi sangat tepat bila menggunakan Genesis DMX.

 

Spesifikasi

Mobil                                    : Toyota Innova

Tahun                                   : 2010

Pemilik                                 : Wibowo

Workshop                            : AJM Audiworkshop

Alamat                                 : MGK Kemayoran Blok D 15 No.1

Spesialisasi                         : SQ, SQL Car Audio

Konsep mobil                      : SQ

Lama pengerjaan                : 1 Bulan

Estimasi Biaya                    : 150 – 200 Juta

 

Spesifikasi Audio:

Head unit                            : McIntosh

Processor                           : Zapco Z 8 IV

 

Speaker depan

Tweeter                              : ScanSpeak Goild Series D 3004/602005

MidRange                          : 11 M/4631 G05

MidBass                             : 16 W/4538 G05

 

Subwoofer

Merk & Type                      : Dynaudio Esotar 1200

Jumlah                               : 1 pc

 

Power Amplifier

Amplifier 1 Front               : Brax Matrik MX4

Amplifier 2 Rear                : Brax X 2000

 

Lain-lain

Kabel RCA                         : Audience AUZUX/Groneberg/Oyaide? Kondo

Kabel Speaker                   : Tchernov Original 2 Sc / Harmoni Harmonik

Peredam                            : Noise Kill

Fuse Block                         : Custom

Accu Tambahan                 : Stinger SPP 1500



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook