Kenali Jenis Crossover Beserta fungsi dan Kegunaanya

22 Nov 2018, 13:48:09 WIB By Agung M Hassan In Articles

Kenali Jenis Crossover Beserta fungsi dan Kegunaanya

Mediaaudio.id  - Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan istilah Crossover audio mobil, perangkat ini sendiri sangat vital untuk menentukan kualitas suara dari sebuah sistem audio.  Namun, apakah fungsi asli dari crossover mobil sebenarnya?

Pada umumnya, Crossover mobil berfungsi untuk membagi frekuensi dua driver, akan tetapi untuk sistem audio di mobil, rata-rata menggunakan speaker 2-way atau 3-way.

“Pada sistem kerja speaker 2-way kita Cuma butuh pemotongan di dua komponen, yakni midbass dan tweeternya aja” ujar Johnny Owner dari Mega Audio, Kebon Jeruk, Jakbar, saat ditemui mediaaudio di Indonesia Modification Expo

Menurutnya, frekuensi tweeter yang aman untuk dipotong itu pada titik 4 khz dengan slope 12 dB per oktaf. Untuk bagian midbass sendiri, jarak pemotongan frekuensi atasnya oleh crossover bisa di rentang 2,5 hingga 3,5 Khz untuk mengimbangi tweeternya.

“Ketika frekuensi di tweeter sudah habis, ini akan turun ke midbass untuk mengisi frekuensi yang telah dibagi oleh crossover” lanjut Johnny.

Akan tetapi, jika speaker yang digunakan hanya satu suara saja, maka sistem tersebut tak perlu menggunakan crossover, yang diperlukan sistem tersebut hanya highpass yang berfungsi untuk mengurangi beban saja. Secara umumnya, ada dua jenis crossover, pasif dan aktif.  

Yang membedakan diantara keduanya, crossover pasif membagi frekuensi sinyal suara yang diperkuat dengan power amplifier. Sebaliknya, jenis crossover aktif membagi sebelum sinyal yang masuk ke power amplifer untuk memperkuat karakter suara audio.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook