Ini Fungsi Utama Menambah Amplifier pada Mobil Anda

21 Jan 2019, 13:49:22 WIB By Lucky Herwindo Sahid In Articles | View : 96

Ini Fungsi Utama Menambah Amplifier pada Mobil Anda

Mediaaudio.id –  Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal Amplifier untuk mobil, namun bagi orang yang baru terjun menekuni dunia modifikasi audio mobil, fungsi utama Amplifer adalah menghadirkan suara lebih keras namun tetap enak ditelinga.

Umumnya, amplifier adalah bagian dari komponen atau rangkaian penguat sinyal dari head-unit. Namun, tahukah Anda? jika ingin mendengarkan musik yang lebih keras serta dinamika suara yang luas, kegunaan power amplifier menjadi sangat berarti, dikarenakan mendapatkian sumber daya jauh lebih besar.

Nah, untuk lebih jelas tentang apa saja manfaat utama dari pengunaan amplifier, simak penjelasannya dibawah ini.

Memiliki Kualitas suara jauh lebih baik
Penggunaan amplifier memberikan sumber daya yang lebih sehingga dapat mendorong speaker Anda jauh lebih maksimal. Tak seperti amplifier yang dibangun menjadi sebuah stereo audio mobil dengan power eksternal tak dibatasi oleh ruang yang tersedia. Hal ini dapat menjadikan musik Anda akan terdengar lebih jernih walaupun dalam volume tingkat tinggi.

Powering Subwoofer
Subwoofer membutuhkan daya yang lebih besar untuk kinerja lebih optimal. Secara signifikan, penggunaan amplifier tentu dapat menyediakan tenaga yang cukup besar untuk merePro sebuah subwoofwer. Sebuah amplifier terpisah adalah suatu keharusan untuk digunakan sehingga menghasilkan suara bass yang lebih optimal.
Standard stereo head-unit pabrik, biasanya memiliki kisaran daya sebesar 40 watt RMS output daya maksimum per kanal. Sebuah alternative untuk meng-upgrade audio sistem suara adalah tanpa mengubah tampilan  pabrik kendaraan Anda, adalah untuk mendapatkan upgrade dari sistem pabrik. Masing-masing dari sistem tersebut, mencakup dari speaker dan amplifier untuk pengolahan suara yang dirancang khusus untuk kendaraan tertentu. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kualitas suara stereo sistem yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Listrik untuk upgrade speaker
Sebuah head-unit pada mobil standar pabrik, memang sudah built-in amplifier dengan daya yang relatif kecil. Jika Anda terasa kurang dan ingin menambahkan speaker aftermarket, Anda harus menambahkan sebuah sistem komponen untuk kendaraan dengan resiko menambah daya yang jauh lebih besar dari standar pabrik.

Speaker Mobil Jauh lebih maksimal
Speaker komponen aftermarket akan memberikan daya yang lebih besar sehingga suara vocal terdengar lebih jelas. Diantara banyak spesifikasi speaker untuk ukuran daya yang digunakan RMS power rating, biasanya sebagai tolak ukur ialah 5-60 watt RMS daya rating maksimal. Jumlah rentang tersebut, merupakan dimana speaker akan mengeluarkan tenaga lebih maksimal sesuai dari produk produsen speaker itu sendiri.  Kebanyakan dari speaker umumnya dinilai sangat konservatif dan dapat mengambil lebih banyak daya ketimbang power rating mereka (150% lebih besar).

Jadi, jika Anda sudah memiliki speaker aftermarket, sebaiknya gunakan satuan ukuran RMS. Daya haruslah sama antara speaker depan dan belakang supaya menghasilkan suara yang balance dan harmonis. Untuk dapat mengetahui kisaran daya RMS, kalikan jumlahnya sampai 75% (0,75). Ukuran daya ini adalah RMS minimum watt amplifier yang memiliki per kanal. Untuk daya output peak power maksimal, kalikan sebesar 150% (1,5) angka tersebut adalah daya output maksimal per kanal. Jika Anda memiliki amplifier dengan daya yang cukup kecil, tinggal mencocokkan speaker dengan penilaian daya rendah.

Banyak dari pengguna audio mobil, lebih menyukai musik untuk suara depan yang lebih optimal, bahkan hampir tak pernah menggunakan speaker belakang. Sebagai contoh, sebuah amplifier 2 kanal adalah pilihan bijak, ketika Anda hanya menggunakan satu pasang speaker. Namun, jika Anda lebih menyukai semburan speaker belakang, Anda dapat menambahkan 4 kanal amplifier sehingga kinerja power amplifier audio jauh lebih maksimal.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook